harta karun,, dari dewi lestari..

gila ya,, slama ini gue nganggaep diri gue ini g terlalu konsumtif,, jadi gue nggak terlalu ngebawa dampak buruk buat bumi,, dalam mindset gue,, gue ini tidak melalukan hal-hal yang menyebabkan "global warming",, gue kuliah pergi naik angkot dan bis,, kalo masih bisa jalan kaki,, gue memilih untuk berjalan ketimbang naik motor,, gue g punya mobil jadi gue nggak pernah berpikir gue ini sebagai penyumbang polutan bagi udara bumi dari premium yang dibakar dlm mesin kendaraan,, gue memilih untuk tidak menggunakan ac.. even kota tangerang sepanas ini,, gue jarang banget ke mall untuk beli baju,, karna prinsip gue,, baju yang ada ya gue pake, ngak pernah pusing soal baju,,kalo k mall pun hanya mengunjungi toko buku, atau nonton.. jeans gue bisa tahan selama 1 atau 2 minggu,jadi bisa sedikit lebih irit deterjen.. gue tidak terlalu konsumtif akan listrik,,apa lagi menonton tv..
tapi ternyata begitu gue baca artike mba dee di blognya,, gila,, gue ini penjahat bumi.. penjahat alam semesta..
gue jadi inget dosa-dosa yang kemaren gue anggap kecil sekarang menjadi sebuah dosa besar..
gue ngebuang sembarangan kaleng minuman "berion" sembarangan dihalte kampus,, Gue ngebuang sembarangan plastik bening+kecil bekas undangan pernikahan,, n dengan bodohnya gue lupa matiin dispenser waktu gue mau bikin kopi.. dan lagi-lagi gue ngebuang bungkus kopi instant itu ke tong sampah,, dimana sampahnya bercampur sembarangan.. tanpa dipilah-pilah mana yang organik dan bukan organik..
mulai hari ini,, gue harus melakukan satu buah perubahan,, kalo belanja di supermarket atau di"alfa/indomart" gue harus terbiasa untuk tidak meminta plastik kalo barang bawaannya masih bisa ditenteng,, gue harus bwa kantong sendiri,, setidaknya gue punya kantong berbahan kain yang kranya cukup untuk menampung belanjaan,, dan gak boleh malu,,
kalo makan mie ayam,, kalo sumplitnya sumplit yang sekali pakai langsung buang,, memilih untuk tidak menggunakanya.. bayangkan saja kalo ada 500rb orang yang memakan mie ayam dengan sumplit tersebut,, maka akan ada satu juta batang sumplit yang terbuang,, hanya untuk makan semangkuk mie ayam..
memilih untuk mematikan lampu pada saat tidur,, ini hal yang gue benci dari keluarga gue,, kenapa sih kalo tidur lampu harus nyala... apa yang harus ditakutkan?? hantu??!!
ini adalah hal kecil yang bisa gue lakukan.. sebenrnya masih banyak lagi,, jangan pernah lupa mencabut charger hp ketika sudah penuh,, jangan suka nempel pamflet sembarangan,, buat semua mahasiswa dikampus gue,, stop!! bikin rusak pemandangan,, n lakukanlah publikasi yang lebih baik lagi,, itu tembok,, bukan sarana publikasi yang baik...
thnx mba dee..
buat tau artikelnya mba dee..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "harta karun,, dari dewi lestari.."